Contoh Proposal Pembangunan Ruang Kelas Baru (Rkb)
- Ruang Kelas adalah suatu ruangan dalam bangunan sekolah, yang berfungsi sebagai tempat untuk kegiatan tatap muka dalam proses kegiatan belajar mengajar (KBM). Mebeler dalam ruangan ini terdiri dari meja siswa, kursi siswa, meja guru, lemari kelas, papan tulis, serta aksesoris ruangan lainnya yang sesuai. Ukuran yang umum adalah 9m x 8m. Ruang kelas memiliki syarat kelayakan dan standar tertentu, misalnya ukuran, pencahayaan alami, sirkulasi udara, dan persyaratan lainnya yang telah dibakukan oleh pihak berwenang terkait. Posisi kelas ada 2 yaitu kelas berpindah (moving class) dan kelas tetap (remaining class). (Wikipedia).
Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 perihal Standar Sarana dan Prasarana Untuk SD/MI, Sekolah Menengah Pertama/MTs, dan Sekolah Menengan Atas/MA, disebutkan segi erikut:
1. Ruang Kelas
- Fungsi ruang kelas yakni tempat acara pembelajaran teori, praktik yang tidak memerlukan peralatan khusus, atau praktik dengan alat khusus yang gampang dihadirkan.
- Banyak minimum ruang kelas sama dengan banyak rombongan belajar.
- Kapasitas maksimum ruang kelas 28 siswa.
- Rasio minimum luas ruang kelas 2m2/siswa. Untuk rombongan berguru dengan siswa kurang dari 15 orang, luas minimum ruang kelas yakni 30 m2. Lebar minimum ruang kelas ialah 5 m.
- Ruang kelas mempunyai jendela yang memungkinkan pencahayaan yang memadai untuk membaca buku dan untuk menawarkan pandangan ke luar ruangan.
- Ruang kelas memiliki pintu yang memadai semoga siswa dan guru dapat segera keluar ruangan kalau terjadi bahaya, dan dapat dikunci dengan baik dikala tidak digunakan.
- Ruang kelas dilengkapi sarana sebagaimana tercantum pada Tabel berikut:
No | Jenis | Rasio | Deskripsi |
1 | Perabot | ||
1.1 | Kursi siswa | 1 buah/ siswa | Kuat, stabil, dan mudah dipindahkan oleh siswa. Ukuran sesuai dengan kelompok usia siswa dan mendukung pembentukan postur badan yang baik, minimum dibedakan untuk kelas 1-3 dan kelas 4-6. Desain dudukan dan sandaran menciptakan siswa nyaman berguru. |
1.2 | Meja siswa | 1 buah/ siswa | Kuat, stabil, dan gampang dipindahkan oleh siswa. Ukuran sesuai dengan kelompok usia siswa dan mendukung pembentukan postur tubuh yang baik, minimum dibedakan untuk kelas 1-3 dan kelas 4-6. Desain memungkin-kan kaki siswa masuk dengan leluasa ke bawah meja. |
1.3 | Kursi guru | 1 buah/guru | Kuat, stabil, dan mudah dipindahkan. Ukuran memadai untuk duduk dengan nyaman. |
1.4 | Meja guru | 1 buah/guru | Kuat. stabil, dan gampang dipindahkan. Ukuran memadai untuk bekerja dengan nyaman. |
1.5 | Lemari | 1 buah/ruang | Kuat, stabil dan kondusif. Ukuran memadai untuk menyimpan perlengkapan yang diperlukan kelas. Tertutup dan sanggup dikunci. |
1.6 | Rak hasil karya siswa | 1 buah/ruang | Kuat, stabil dan kondusif. Ukuran memadai untuk meletakkan hasil karya seluruh siswa yang ada di kelas. Dapat berupa rak terbuka atau lemari. |
1.7 | Papan pajang | 1 buah/ruang | Kuat, stabil dan kondusif. Ukuran minimum 60 cm x 120 cm. |
2 | Peralatan Pendidikan | ||
2.1 | Alat peraga | [lihat daftar sarana laboratorium IPA] | |
3 | Media Pendidikan | ||
3.1 | Papan tulis | 1 buah/ruang | Kuat, stabil dan aman. Ukuran minimum 90 cm x 200 cm. Ditempatkan pada posisi yang memungkinkan seluruh siswa melihatnya dengan jelas. |
4 | Perlengkapan Lain | ||
4.1 | Tempat sampah | 1 buah/ruang | |
4.2 | Tempat cuci tangan | 1 buah/ruang | |
4.3 | Jam dinding | 1 buah/ruang | |
4.4 | Kotak kontak | 1 buah/ruang |
Download Proposal Ruang Kelas Baru (RKB)
Berikut ialah tumpuan ajuan yang mampu sahabat unduh melalui tautan berikut ini:
Demikianlah informasi tentang Contoh Proposal Pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB), semoga bermanfaat untuk Madrasah yang lebih baik.
Kami_Madrasah